Assalamualaikum wr.wb.Alhamdulilah hari ini ane bakal share pengalaman soal aplikasi seher kaze d motor vega pnya ane, pasti yg doyan oprek motor dah ga pada heran sama piston kaze yg kondang dpake di bebek tune up, biar ini disebut trik lawas alias jadul tapi tenaga n power ga akan kemakan zaman dan ni seher di peruntukan buat tunning harian ataupun level mp4,,,
Ok lah langsung aja k topik, sebelum garap tu motor ah menu wajib buat ane untuk nentuin kodrat ni motor mau harian atau semi balap n mau gede di torsi,atau topspeed,, itung2an dah kelar ternyata pilihan ane jatuh pada semi balap alias buat JJS oke tapi buat adu sama bebek 125 pun yahudd,, dan speknya ane pilih piston Kaze standar 53mm, cdi ac Brt hyperband, noken as kawahara k2, kopling sentrifugal di geser pake manual punya TDR racing, per kopling CLD.
nah buat piston kita g bsa mentah2 caplok k liner/boring vega mesti di sesuain dlu tingginya n atur dome/jenongnya biar ga berantem tu piston ama klep,,,
modif tambah jalur oli soalnya ga pake lapisan teflon |
dome 2mm, perdalam coakan klep |
Ok lanjut, berhubung setang piston ane belum lama ganti dan ga ada tanda2 oblak jadi ga perlu balancing kruk as atau ganti stang piston lagi.
Untuk silinder head, klep in/ex standar, main porting skitar 2mm disamping bosh klep( bosh klep ga diilangin loh) pelatuk masih model flat(soalnya waktu itu blm ada model roller), noken as ane pake Kawahara K2 durasi 270' n LSA 104,
bukan tanpa alasan ane pake LSA 104' soalnya tujuan ane klo torsi dah yahud lwat piston kaze, buat power atas ngejar topspeed ane andalkan noken as ini, bahasan soal profil n karakter noken as kita bahas post slanjutnya,,, hehehe
Lanjut sistem karburasi/ fuel system, nah ga kalah penting teorinya mesin dh di desain sedia kala maka asupan bahan bakar harus diimbangi sesuai Kebutuhan mesin,, nah klo yg satu ini ane sdikit mlenceng dari rumus soal besar venturi soalnya disini ane pake Pe28 yg harusnya pake venturi 24mm cuma ya tinggal pintar2 ane setting ni mesin. dan ternyata power ok dan busi pun warna merah bata artinya bahan bakar kebakar habis sesuai kebutuhan mesin (mesin ane laper kali yakkk...) buat komposisi PJ/MJ nanti aja ya ane bahas,,,
Lanjut sistem pengapian,, nah ini yg kontroversi,, klo dsini ane lebih suka pake BRT hyperband selain harga terjangkau, slain itu jga tinggal caplok aja ga perlu setting ini itu ya maklum kan bukan buat main di tunning extreme,, hehe (biar dana ga mubazir). yang penting dah ada kurva advance buat level harian. untuk spull pengapian masih original dan terbukti tahan dari taun 2004.Slanjutnya ane lengserin sistem kopling sentrifugal dengan manual yg ane andalin pake TDRracing ditambah kampas kopling ane pake punya jupiter z original, biar tenaga tersalur tanpa slip sampai roda belakang,,
sori yak burem,,, |
dri ubahan tsb, ketemu kapasitas mesin 119cc dari awal yg cuman 104cc, dan rasio kompresi ketemu 9,7 masih bisa minum premium,, hehehehe pas tho buat harian, hehehe
Dan akhirnya motor dh siap testing, walaupun ga punya "dyno" buat ngukur perorma motor tp ane ga nyerah motor langsung ane test sama jupiter mx dan hasilnya sesuai dugaan topspeed tembus 125km/jam kondisi jalanan dah habis plus bensin masih pake premium, tenaga dri bawah sampe atas skitar rpm 9000 ngisi trus cuma kendala pada busi mati karena busi ane standar dan langsung ane coba pake irridium buat imbangi panas/thermal mesin dan yahudd. Ya lmayan buat jalan2 jalan sore,,, heheehe
Mungkin cukup itu aja yg bisa ane sharing, dgn keterbatasan yg ada,,,
"Manusia bukan makhluk yg sempurna tapi di karuniai kesempurnaan untuk berfikir dan belajar"
semoga bermanfaat, Wassalamualikum wr.wb.
kriyip motorsport.
Slincer knalpotnya masih bawaan apa udah di bobok jga...
BalasHapusmerek pistonnya apa bang fim atau asli kaze
BalasHapus