Kamis, 17 Maret 2016

Naikkan angka CR pakai Piston Dome/jenong

piston jenong dan piston datar

  Kali ini ane coba bahas soal aplikasi piston dome atau bahasa belandanya "jenong", Nah kenapa harus pakai piston jenong kenapa ga pake model datar aja???
 Mungkin agan2 dah pada tau kenapa harus naikan kompresi paki piston model dome pastinya ngejar power karena dengan mempersempit ruang bakar maka akan menghasilkan kompresi yg besar dan ledakan pembakaran yg besar pula itulah tujuanya, bayangin aja meledakin balon gas yg terisi penuh sama balon gas yg lebih besar namun isinya sama kaya yg balon kecil, kebayang dong coyyy ledakanya lebih joss yg mana, hehehe 

Sebenernya pakai piston jenong itu bukan menu wajib bagi seorang tunner melainkan cuma langkah alternatif karena untuk menaikkan angka CR(compression ratio) lebih simple dalam segi bentuk namun lebih rumit dalam segi pengerjaan yg harus ukur sana sini biar ga berantem sama klep ,, hehe 

Namun pasang piston jenong bukan perkara mudah apabila tu piston jenong mentah dan bukan produk racing yg tinggal plug 'n play n pasti pas kaya pom bensin, hehehe
  1. Pastikan berapa patokan kompresi yg akan dicapai dan bahan bakar yg dipakai, berdasarkan kebutuhan dan ketahanan komponen dalam menerima kompresi yg akan dicapai, 
  2. Ukur ketinggian dome/jenong sesuai kubah dan deck clearance karena ini yg akan nentuin besar kompresi sampeyan, 
  3. Buat cetakan bibir klep dan busi serta jaraknya sesuai kebutuhan, pastikan pada rpm tinggi si klep ga mentok sama klep karena ada kalanya saat klep mengalami  floating bilai masih pakai per klep standar.
  4. Kalo udah semua pasang trus hitung CR yg di dapet pake rumus volume ruang bakar+volume silinder/ volum ruang bakar  (rumus sederhananya), kalo bingung nentuin volume ruang bakar sampeyan siapin aja gelas burret sama cairanya( apa aja yg penting bukan cairan yg bisa menguap). kalo ketinggian ya tinggal akalin aja kurangin dimensi jenongnya ,,, 
Pastikan ga ada gejala knocking di mesin,, kalo sampe knocking berarti antara oktan bahan bakar yg ga sesuai sama bentuk jenong dan ruang bakar yg ga tepat, untuk itulah biasanya jenong disesuaikan dgn ruang bakar caranya ruang bakar di silinder head di buat squish sesuai bentuk jenong piston tujuanya agar bahan bakar dan udara yg di kompres piston di arahkan ketengah ruang bakar agar campuran udara dan bahan bakarnya bisa habis terbakar tanpa gejala knocking,,, jadi, knocking terjadi karena pembakaran tidak sempurna alias tidak terbakar di satu titik melainkan terjadi pembakaran di beberapa titik.


Saran ane, kalau dengan piston model standar/ datar aja CR yg diinginkan dah tercapai buat apa pakai piston dome/jenong karena sisi negatifnya piston dome "bisa jadi" lebih berat dari piston datar karena jenongnya, trus bila ga sesuai atur dome sama squishnya bisa knocking dan itu merusak mesin, 

sekian yg ane bisa sharing klo salah mohon dibenarkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar