Senin, 21 Maret 2016

Akibat Seal klep miring Bukan keras, penyakit yg jarang terjadi.


Alhamdulilah ada kesempatan lagi buat share seputar motor, hehehe
Pernah ngalamin motor berasap putih dari knalpot baik saat kondisi mesin dingin ataupun mesin panas???? Pasti pernah kan,,,, hehe kalo yg belum pernah tunggu aja nanti ada gilirannya kok, hihihihihi
Mesin itu layaknya manusia pasti ada masa usianya, kalo usia masih baru/muda behhh tenaga motor serasa diJambak Setan, Nah kalo usia tua rasanya pengen ngejambak tali gas soalnya tenaga mulai kendor kaya kolor,, 

Biasanya knalpot motor 4tak berasap putih pasti vonis ga jauh2 dari piston, liner, ring piston yg mulai aus, tetapi kali ini ane beda brooo,, ceritanya gini,, 

Blm lama ini ane bantu kawan ane yg punya masalah knalpot ngebul putih dan sangit di motor cb 100 kesayanganya yg dah upgrade ke Tiger, asap putih berawal setelah masa reyen sekitar 1 mingguan nahh tiba2 waktu pagi diselah mesin hidup tiba2 ada asap putih yg lumayan deres trus coba ditunggu sampe panas ternyata masih tetep muncul padahal habis ganti liner dan piston standar tiger oversize 0 ditambah klep dan seal klep baru,, langsung ane cek piston, ring piston dan liner analisa ane mungkin masa reyen gagal alias piston dan liner luka/baret, setelah dibuka ternyata masih mulus tu komponen dan gak ada tanda2 oli lolos dari ring piston, yaudah untuk antisipasi ane benahin lagi posisi ring piston dan urutanya.
urutan dan posisi ring piston yang benar

Setelah ane rakit lagi ke posisi semula dan mulai nyala mesinya ternyata masih juga ngebul putih akhirnya ane bongkar lagi tu mesin, dan silinder head selanjutnya ane teliti dan ane nemuin rembes oli dari klep masuk/inlet dan langsung ane bongkar klep dan teman2nya, blaaaar ternyata di batang klep in dah basah oli berarti kerja seal klep ga maksimal alias bocor, padahal seal klep baru dan boss klep/valve guide belum oblak/aus,,, 




Lanjut ane cek kelurusan lubang seal klep dan boss klep dengan cara diintip dari sisi ruang bakar dan ternyata miring makanya oli bisa rembes habis2an ke ruang bakar, mungkin penyebabnya ada kotoran di dudukan seal klep saat pemasangan seal klep yg bikin miring saat batang klep masuk. Akhirnya ane beli lagi seal klep original tiger seharga Rp.15.000 , setelah pasang Alhamdulilah tak ada tanda2 asap lagi dan trouble selesai dan si CB bisa kembali ke masa jayanya dengan kawalan piston Tiger,,, hehehe

Saran ane berhubung efek seal klep miring dengan piston aus hampir sama, kalo ngalamin hal serupa atau saat servis besar baik setengah maupun full harap seal klep ikut diganti,
 sekian info ane semoga bermanfaat,





2 komentar: