Selagi masih ada kesempatan ane sharing sdikit tentang CDI Racing dan CDI standar pabrikan,
Yang katanya Cdi standard performanya ga maksimal, bener gak ya??
Yupzz bener tetapi tergantung spek mesin motor kita apa udah tune up/ semi racing bahkan racing atau masih standard,,,,
Fungsi dari CDI itu sendiri kan mnyuplai percikan api dalam langkah usaha dengan syarat timing ignition tepat, sehingga menghasilkan power yg optimal juga.
Sering ane denger mereka yg suka otak atik motor katanya dah ganti pake cdi racing kondisi mesin standar hanya knalpot bobokan tapi powernya sama aja kaya pake cdi standar pabrikan, nah disinilah kita belajar lebih smart dalam aplikasi part racing yg harganya pun ga murah,, hehehe mahal bagi rakyat jelata kaya ane.... heehe
Sebenernya kalau hanya spek tunning harian dalam arti masih stop and go di jalan ga haram pake cdi racing cuma kan kembali ke kantong masing-masing, bahkan karena aplikasi cdi racing pada motor standar justru akan meningkatkan pemuaian part engine dan panas yang lebih karena CDI racing disetting pada kurva yg lebih maju/advance artinya percikan api di percikan saat piston mendekati TMA yang berimbas peningkatan ledakan dan panas yg ekstra, dan akan merugikan part mesin seperti piston dan liner dalam jangka panjang bila dipakai pada spek mesin standar.
Apa karena tergiur dengan limit rpm?? memangnya tu motor mau buat pacuan drag yg dituntut rpm tinggi, trus apa mampu mesin standar mampu berkitir sampai rpm tinggi misal 12000 rpm kalo ga tu mesin langsung kasar suaranya, kalaupun bisa tahan berapa lama tu mesin,,, hehehe
Jadi saran saya bila hanya modifikasi mesin ringan atau bahkan standard lebih baik pakai cdi standard karena keawetan komponen jadi yg utama, bila ingin aplikasi cdi racing baiknya diimbangi dengan tunning atau modifikasimesin "sesuai perhitungan" jadi tenaga yg tersalur pun ga mubazir dan ga sia-sia apalagi indikasi overheat bisa diminimalisir. keep smart rider
Tidak ada komentar:
Posting Komentar